paheader21



 

 

 

 

 

 

Pengadilan Agama Tarutung bekerja sama dengan [REKANAN POSBAKUM], telah menyediakan Pos Bantuan Hukum (Posbakum) untuk Masyarakat pencari keadilan yang tidak mengetahui proses berperkara dan yang tidak mampu secara ekonomis dalam menjalankan proses hukum di Pengadilan Agama Tarutung, bagi masyarakat yang akan meminta bantuan hukum pada Posbakum di Pengadilan Agama Tarutung dapat datang ke Kantor Pengadilan Agama Tarutung Jl. Raja Johannes Hutabarat No.51, Kecamatan Siatas Barita, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara 22416

Adapun persyaratan dan mekanisme untuk mendapatkan bantuan hukum pada Posbakum tersebut sebagaimana yang telah ditentukan dalam Lampiran B Surat Edaran Mahkamah Agung RI Nomor 10 Tahun 2010, antara lain:

Penerima Jasa Pos Bantuan Hukum

Yang berhak menerima jasa dari Pos Bantuan Hukum adalah orang yang tidak mampu membayar jasa advokat terutama perempuan dan anak serta penyandang disabilitas sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, baik sebagai Penggugat/Pemohon maupun Tergugat/Termohon. dan bantuan tersebut diberikan secara Cuma-cuma tanpa dipungut Biaya.

Jenis Jasa Hukum

Jenis jasa hukum yang diberikan oleh Pos Bantuan Hukum di Pengadilan Agama Tarutung berupa pemberian informasi, advis, konsultasi, pembuatan gugatan/permohonan.

Syarat dan Mekanisme Permohonan Bantuan Hukum

Pemohon jasa bantuan hukum mengajukan permohonan kepada Pos Bantuan Hukum dengan melampirkan :

  • Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Lurah/Banjar/Nagari /Gampong;
  • Surat Keterangan Tunjangan Sosial lainnya seperti Kartu Keluarga Miskin (KKM)Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas)Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), dan Kartu Bantuan Langsung Tuni (BLT);
  • Surat Pernyataan tidak mampu membayar jasa advokat yang dibuat dan ditandatangani oleh Pemohon Bantuan Hukum dan diketahui oleh Ketua Pengadilan Agama.

 

Penandatanganan MoU Posbakum PA Tarutung dengan LBH APIK Tahun 2021

Sebagai upaya meningkatkan pelayanan hukum kepada masyarakat tidak mampu di wilayah Kabupaten Tapanuli Utara dan Kabupaten Humbang Hasundutan, Pengadilan Agama Tarutung melaksanakan kerjasama pengadaan Pos Bantuan Hukum (Posbakum) dengan Lembaga Bantuan Hukum Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan (LBH APIK). Penandatanganan perjanjian kerjasama antara Pengadilan Agama Tarutung dan LBH APIK dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 20 Januari 2021.

Ketua Pengadilan Agama Tarutung H. M. Jazuli, S.Ag., M.H., dalam kesempatan tersebut menyampaikan harapannya agar kerjasama tersebut dapat berlangsung untuk jangka panjang serta memberikan kontribusi dalam peningkatan pelayanan dari Pengadilan Agama Tarutung.

Acara penandatanganan kerjasama tersebut juga disaksikan oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Tarutung Ahmad Nazif Husainy, S.H. serta Panitera Khairul Azhar Siregar, S.H. dan Sekretaris pengadilan Irvandi Pardede, S.H. Direktur LBH APIK Shierly Anita Gafar, S.H., yang hadir sebagai penandatangan kerjasama, berharap agar kerjasama tersebut dapat memberikan manfaat positif bagi kedua belah pihak. 

Berikut file Penandatanganan MoU Posbakum PA Tarutung dengan LBH APIK Tahun 2021:

MOU

Indeks Hasil Survei

IHKM

 

NONO

 

APLIKASI ONLINE

ptsponlineicon

aplikasi online 3aplikasi online 5aplikasi online 4aplikasi online 7aplikasi online 6aplikasi online 1

8

Sosial Media Resmi

ig2d

fb2d

tw2d

yt2d

Statistik Kunjungan Web

Hari ini
Minggu ini
Bulan ini
TOTAL
257
1173
7277
116829

12.19%
26.40%
4.10%
3.48%
0.01%
53.83%

 


Flag Counter

Jam Pelayanan

Hari Jam Layanan Istirahat
Senin  s.d  Kamis 08.00 - 16.30 12.00 - 13.00
Jum'at 08.00 - 17.00 12.00 - 13.30

Catatan:

- Hari Sabtu, Minggu dan Libur Nasional Tutup.
- Jam istirahat pada hari Jum'at menyesuaikan dengan waktu Sholat Jum'at.
- Khusus dibulan Suci Ramadhan, jam kerja / pelayanan dapat berubah dan disesuaikan dengan peraturan yang berlaku.

Survei Kepuasan Masyarakat